Saturday, August 31, 2019

Hidupkan Kembali Mushala Dengan Aset Wakaf


Ketika tersedia ladang amal yang akan menjadi bekal abadi di akhirat, maka kejarlah. InsyaAllah berkah.

Bank Kalsel Syariah
901.0311.076256
A/n SD ISLAM RAHMATILLAH

Dibutuhkan Relawan


Apabila kamu memiliki skills yang tidak disebutkan di pamflet, kamu tetap bisa berkontribusi. Apapun jurusan yang kamu pelajari saat ini, apapun profesi yang kamu emban saat ini, kamu pasti bisa berperan.

Ayo jadi relawan dan berikan kontribusi nyata ke pelajar Indonesia.

Friday, August 30, 2019

Jajanan Unik Depan Sekolah



Kekurangan dana bukan berarti tidak ada cara lain dalam berdagang. Bagaimanapun, murid murid sekolah tetap salah satu target jualan yang potensial.

Ibu ini hanya perlu membawa kompor dan wajan kecil, letakkan dipinggir sungai kemudian goreng goreng disitu. Selain tidak berbau asap, pemandangannya juga sejuk.

Hebat ide nya, hidup wirausahawan lokal.

Tugas Kampus Inovatif Dari PGSD ULM



Ini adalah kelas yang direnovasi dengan apiknya oleh mahasiswa PGSD ULM dimana kedatangan mereka atas dasar tugas kampus. Tugas tersebut meminta mereka mencari sekolah yang dapat dibantu pengelolaannya, khususnya bagian fisiknya.

Bagian dinding mereka cat kemudian mereka hiasi macam macam. Bagian atap mereka lapis dengan semacam terpal berwarna warni, paling tidak bisa menangkis air hujan agar tidak bocor plus lebih enak dipandang mata.

Kampus kamu punya tugas inovatif apa yang dapat berkontribusi langsung ke masyarakat?

Ditunggu ide ide nya.

Apa Yang Bisa Kamu Bantu? (Part 2 - Menjadi Sukarelawan)

Kamu juga dapat berkontribusi membangun kembali SDI Rahmatillah dengan menjadi sukarelawan, apabila kamu memiliki satu dari skills berikut, tidak ada salahnya mengisi waktu luang mu dengan menambah pengalaman dan berbagi ilmu ke adik adik pelajar.

1. Skill olahraga.

Apabila kamu memiliki skill dibidang olahraga, contohnya silat, karate, kempo, gymnastic, futsal, sprint, memanah, dll kamu dapat mendaftar menjadi sukarelawan untuk berbagi ilmu kepada adik adik pelajar dikelas ekstra kurikuler sekolah.

2. Skill Hafal Quran

Apabila kamu hafal beberapa juz Al Quran, maka kamu dapat menjadi sukarelawan dengan mengajarkan cara menghafal dikelas ekstra kurikuler.

3. Skill Bahasa Arab

Memiliki skill Bahasa Arab merupakan hal yang diharapkan oleh semua pelajar SDI Rahmatillah. Skill mu dapat dibagi kemereka dengan menjadi sukarelawan di kelas ekstra kurikuler.

4. Skill Bahasa Inggris

Bahasa internasional yang satu ini menjadi hal yang teramat penting demi perjalaan karir yang lebih baik dimasa depan. Yuk daftar menjadi sukarelawan bagi kamu yang bisa mengajar Bahasa Inggris dikelas tambahan/ ekstra kurikuler.

5. Skill Menggambar/ Mewarnai

Ada banyak sekali lomba menggambar dan atau mewarnai yang diadakan diluar sana. Dengan mengajarkan cara menggambar yang baik dan cara mewarnai yang penuh seni kepada murid-murid SDI Rahmatillah, maka kamu telah memberikan mereka lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan potensinya.

6. Skill Teknik Sipil

Sukarelawan dibidang ini dibutuhkan untuk menganalisa kondisi sekolah dan bagaimana cara agar sekolah dapat direnovasi dengan efektif dan efisien.

7. Skill Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin sudah semakin mendunia dan hal ini membuat sukarelawan dengan skill ini cukup banyak dicari, begitu pula dengan SDI Rahmatillah.

Dan skills lainnya yang tidak dapat sepenuhnya disebutkan disini.

Apabila kamu berminat menjadi sukarelawan di SDI Rahmatillah, apapun skill yang kamu miliki, silakan kontak/ whatsapp nomor yang tertera dibawah ini.

Sri, Penanggungjawab, 0812 5400 7891
Teguh, Kepala Sekolah, 0812 5130 1424
Zainab, Guru, 0853 4699 2878


Sementara untuk berwakaf maka
Dana wakaf dapat disalurkan ke

Bank Kalsel Syariah

901.0311.076256

a/n SD ISLAM RAHMATILLAH

Apa Yang Bisa Kamu Bantu? (Part 1 - Menghibahkan Barang)

Kamu dapat berpartisipasi membangun kembali SDI Rahmatillah dengan cara berikut:

Menghibahkan barang barang tak terpakai yang masih layak berupa meja, kursi, lemari, buku tulis, buku gambar, alat tulis, tas, sepatu, dll yang menurutmu akan bermanfaat bagi murid dan guru SDI Rahmatillah.
Daripada barang-barang tersebut hanya menjadi rongsokan dirumah, mari raih pahala dengan menghibahkannya pada orang-orang baik yang mengajarkan ilmu dan menuntut ilmu.

Silakan kontak/ whatsapp salah satu dari nomor berikut untuk informasi lebih lanjut:

Sri, Penanggungjawab, 0812 5400 7891
Teguh, Kepala Sekolah, 0812 5130 1424
Zainab, Guru, 0853 4699 2878

Dana wakaf dapat disalurkan ke

Bank Kalsel Syariah
901.0311.076256
a/n SD ISLAM RAHMATILLAH

Atap Sakaratul Maut



Kondisi atap SDI Rahmatillah benar benar tidak aman bagi murid-murid yang belajar didalamnya. Melihat keadaan yang terjuntai dan sewaktu-waktu bisa saja jatuh kemudian menimpa siapapun yang berada didalam kelas.

Akankah kita biarkan kondisi ini terus berlanjut?
Mari berwakaf dan alirkan pahala jariyah pada pendidikan Islam bagi anak anak tidak mampu.

Dana wakaf dapat disalurkan ke

Bank Kalsel Syariah
901.0311.076256
a/n SD ISLAM RAHMATILLAH

Kursi Bolong




Kursi ini adalah pemandangan paling menyedihkan dari seluruh kerusakan yang dialami SDI Rahmatillah.

Bayangkan seorang murid belajar, duduk diatas kursi yang tak ada sandaran. Sekali benak lupa, bisa terpelanting badan kebelakang. Subhanallah. Hal yang seharusnya tidak pernah terjadi, mari bantu SDI Rahmatillah mengembalikan rasa aman dan nyaman belajar bagi murid-murid nya.

Dana wakaf dapat disalurkan ke

Bank Kalsel Syariah
901.0311.076256
a/n SD ISLAM RAHMATILLAH

Kelas 1 dan 2 Belajar Dilantai




Karena keterbatasan jumlah kursi akhirnya murid murid kelas 1 dan 2 harus rela belajar dilantai. Menakjubkannya, walaupun dengan keadaan demikian, tetap ada orangtua yang memasukkan anak-anaknya ke SDI Rahmatillah. Menurut pengakuan dewan guru, SDI Rahmatillah yang tidak pernah memungut iuran sepeserpun menjadi alasan utama, dilanjutkan dengan kelebihan SD ini dalam pengajaran berbasis agama.

Dana wakaf dapat disalurkan ke

Bank Kalsel Syariah
901.0311.076256
a/n SD ISLAM RAHMATILLAH

Wakaf Bank Kalsel Syariah Untuk Perbaikan Atap Sekolah



Pada 22 Agustus 2019 Bank Kalsel Syariah berwakaf sebesar Rp 20.000.000,- ke SDI Rahmatillah dan dana tersebut diperuntukkan ke perbaikan atap sekolah.

Seluruh kelas dan ruang guru memiliki atap yang sudah nyaris ambruk sehingga apabila hujan turun, air menetes kedalam kelas akibat atap yang terlalu banyak lubang.

Dana tersebut mungkin bisa merenovasi sebagian atap kelas namun tidak semuanya. Dana wakaf masih dibutuhkan untuk memperbaiki atap kelas kelas lain.

Dana wakaf dapat disalurkan ke

Bank Kalsel Syariah
901.0311.076256
a/n SD ISLAM RAHMATILLAH

Perpustakaan SDI Rahmatillah


Inilah kondisi perpustakaan SDI Rahmatillah.

Dana wakaf diperlukan untuk membeli 2 buah lemari baru untuk menampung buku buku perpustakaan.

Dana wakaf dapat disalurkan ke

Bank Kalsel Syariah
901.0311.076256
a/n SD ISLAM RAHMATILLAH

Profil Sekolah


ASET WAKAF SDI RAHMATILLAH

Wakaf bisa disalurkan ke
Bank Kalsel Syariah
901.0311.076256
a/n SD ISLAM RAHMATILLAH


SD Islam Rahmatillah memiliki total 63 murid dengan 7 guru dan 1 kepala sekolah. Awalnya lokasi sekolah merupakan kawasan pesantren yang berdiri dibawah Yayasan Sultan Rahmatillah. Sejak pemilik pesantren yang juga adalah ketua yayasan meninggal dunia, tidak ada ahli waris yang dapat meneruskan usaha pesantren tersebut sehingga berangsur angsur bangkrut.

Pesantren kemudian berubah menjadi SD yang sampai sekarang dikenal sebagai SD Islam Rahmatillah. Yayasan Sultan Rahmatillah sendiri sudah lepas tangan dengan keadaan dan kondisi SDI Rahmatillah, sehingga biaya operasional sepenuhnya ditanggung oleh Dana BOS. Pihak yayasan mengaku tidak berminat untuk melanjutkan perjalanan SDI Rahmatillah namun para guru pengajar bertahan untuk tetap mendidik anak anak yang menjadi murid disitu.

Dana BOS sendiri menyediakan dana sebesar Rp 800.000 per anak yang dicairkan bertahap sebanyak 4 kali dalam setahun. 30% dari dana BOS dapat digunakan sebagai tambahan gaji guru. Dengan jumlah tersebut, diperkirakan gaji guru per bulannya hanya mencapai Rp 300.000. Sungguh menyedihkan.

Dengan kondisi sekolah yang hampir ambruk tanpa ada topangan dana yang berarti akhirnya para guru mengajar dengan tulus ikhlas tanpa reward yang sepantasnya mereka dapatkan.

Murid murid SDI Rahmatillah relatif berasal dari keluarga miskin dan menengah kebawah. Pernah diterapkan biaya SPP per murid sebanyak Rp 5.000/ bulan namun itupun banyak orangtua murid yang harus mencicil atau tidak bisa bayar sama sekali.

Apabila ada kegiatan ekstra kurikuler berbayar, kesanggupan murid hanya sampai pada batas Rp 500 - 1.000/ anak sebagai hadiah untuk guru. 

Guru guru ini bertahan di SDI Rahmatillah dengan kondisi keuangan tersebut, mereka adalah para pejuang sesungguhnya didunia pendidikan kita. Mari berwakaf dan sisihkan sebagian dana wakaf untuk meningkatkan kesejahteraan para guru SDI Rahmatillah.